Komponen-Komponen Komputer yang Penting untuk Diketahui

Komponen-Komponen Komputer yang Penting untuk Diketahui - Komputer adalah salah satu peralatan yang sering kita jumpai, bahkan tak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Anda mungkin adalah salah satu orang yang sering menggunakan teknologi ini, baik untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun mendapatkan hiburan seperti bermain game, melihat video, dan sebagainya. Berbicara mengenai komputer, ada banyak sekali komponen yang menyusunnya hingga menjadi sebuah alat canggih tersebut. Adapun komponen komputer secara umum yang harus anda ketahui adalah motherboard, RAM, prosesor, dan juga hard disk. Keempat komponen ini penting untuk diperhatikan selain listrik atau power supply.

 
Komponen terpenting pertama dalam komputer adalah motherboard (mainboard) atau yang sering disebut dengan mobo. Jika diibaratkan seperti manusia, mobo adalah jantung dari komputer dimana komputer tetap bisa hidup dengan jantung yang lemah sekalipun. Namun, semakin lemah jantung maka akan semakin jelek kinerja dari komputer. Oleh karena itu akan lebih baik jika anda menggunakan mobo yang bagus dan berkualitas untuk komputer anda. Selanjutnya komponen komputer yang kedua adalah prosesor. Prosesor merupakan otak dari komputer. Tanpa prosesor, komputer tak akan bisa digunakan sama sekali. Seiring perkembangan zaman, jenis prosesor pun juga semakin berkembang. Mungkin saja prosesor terendah yang digunakan komputer pada saat ini adalah pentium IV. Kemudian berkembang menjadi core 2 duo, core i3, core i5, core i7, dan sebagainya.

Untuk komponen komputer selanjutnya adalah Random Access Memory atau yang lebih dikenal dengan RAM. Komponen yang satu ini sangat mendukung ketika kita menjalankan sebuah program dalam komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki oleh komputer, maka akan semakin bagus pula kinerja komputer anda. Ada banyak jenis RAM mulai dari 512 Mb, 1 GB, 2 GB, dan seterusnya. Komponen selanjutnya adalah hard disk. Komponen yang satu ini berfungsi sebagai tempat menyimpan data. Besar tidaknya kapasitas hard disk tergantung kebutuhan anda sehari-hari. Jika hardi disk anda berukuran kecil, anda tak perlu khawatir karena anda bisa menggunakan flashdisk ataupun hard disk eksternal.

0 komentar:

Posting Komentar