Beberapa Tokoh Pengembang dan Penemu Komputer di Dunia

Beberapa Tokoh Pengembang dan Penemu Komputer di Dunia - Komputer adalah salah satu teknologi canggih yang muncul di era modern. Munculnya komputer semakin mempermudah pekerjaan seseorang. Berbicara mengenai komputer, tahukah anda siapa sajakah penemu komputer dan pengembang teknologi komputer hingga seperti saat ini? Mereka adalah para ilmuwan jenius yang mendedikasikan hidupnya pada perkembangan teknologi kala itu. Pria penemu teknologi komputer yang pertama adalah Charles Babbage. Berawal dari ide cemerlangnya, dia kemudian menciptakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan perhitungan yang rumit sekalipun. Dan mesin buatannya tersebut menjadi pelopor munculnya komputer.


 
Jasa Charles Babbage tersebut kemudian dilanjutnya oleh para ilmuwan setelahnya. Berikut adalah daftar ilmuwan dan jasanya dalam bidang komputer :
  • Clifford Berry dan John V. Atanasoff adalah penemu komputer yang mendesain sebuah mesin komputer digital elektronik untuk pertama kali yakni pada tahun 1937.
  • Alan Turing (Inggirs) kemudian melanjutkan dengan temuannya berupa komputer elektronik yang khusus dimodifikasi bagi tentara Inggris. Komputer ini sangat membantu untuk menembus berbagai kode pertahanan Jerman pada perang dunia 2.
  • Howard Hathaway Aiken (Amerika) menciptakan komputer hitung untuk pertama kalinya. Komputer buatannya disebut dengan Mark I yang bisa menghitung probabilitas.
  • John von Neumann juga berperan dalam menyumbangkan idenya tentang konsep penyimpanan data. Meskipun tak menciptakan komputer, ide briliant tersebut sangat berharga untuk perkembangan komputer di masa selanjutnya.
  • J. Presper Eckert dan John W. Mauchly akhirnya menyelesaikan konsep-konsep para pendahulunya dengan menciptakan sebuah komputer berskala besar pertama di dunia yang kemudian diberi nama ENIAC. Karena penemuannya inilah, kedua ilmuwan tersebut dikenal dunia sebagai dua orang jenius penemu komputer.
  • Tiga ilmuwan penemu komputer yang lain yakni William Shockley, Walter Brattain, dan John Bardeen berkolaborasi dan akhirnya menemukan sebuah komputer dengan ukuran yang semakin kecil.
Demikianlah beberapa ilmuwan yang mempunyai andil dalam terciptanya sebuah komputer yang bermanfaat bagi kita hingga saat ini. Dengan adanya komputer, segala hal mulai dari yang kecil hingga yang rumit semakin dipermudah.

0 komentar:

Posting Komentar