Tips Memperbaiki HP yang Terendam Air

Tips Memperbaiki HP yang Terendam Air – Handphone tak ubahnya sebagai alat komunikasi yang kini dirasa wajib untuk dimiliki. Setiap insan di zaman modern ini tentu membutuhkan alat komunikasi dengan efisiensi tinggi, dan itu terbubuhkan dalam perangkat canggih bernama handphone. Sekarang juga telah banyak berkembang handphone dengan sistem kinerja yang pintar, kerap disebut smartphone. Dalam hal ini, HP memegang peranan penting dalam kelancaran komunikasi.

Namun, dibalik kecanggihan handphone masa kini tentu masih ada kekurangan. Seperti misalnya, handphone kita terendam air maka akan mengalami kerusakan. Entah itu bagian luar ataupun dalam, yang pasti jika tidak segera mengambil tindakan hp yang terendam air lama-kelamaan akan menurun kinerjanya. Nah, untuk itu apabila anda tengah mengalami hal serupa dan tidak ingin kehilangan perangkat canggih kesayangan, maka penulis akan mengajak anda untuk bersama-sama menyimak tips bagaimana mengatasi hp terendam di air berikut ini:

cara memperbaiki hp terendam air

Cara Mengatasi HP Terendam di Air

  1. Segera ambil handphone anda dari dalam air. Walaupun terlihat cukup rapat, bukan berarti air tidak akan masuk ke dalam handphone anda. Secara singkat air akan segera merembes ke sela-sela HP anda. Perbedaan waktu yang sangat cepat pun akan menentukan apakah handphone anda masih bisa diselamatkan atau tidak (alias rusak). Untuk itu segeralah ambil ponsel anda dari dalam air, kemudian langsung matikan untuk menghindari korsleting. Hidupkan kembali apabila sudah dikeringkan.
  2. Keringkan dengan handuk atau kain, lalu lepas baterainya. Langkah ini begitu penting, mengingat seluruh komponen dalam ponsel akan selamat apabila tidak ada aliran listrik dari baterai. Untuk memeriksa kerusakan ponsel akibat terendam air, periksalah bagian pojok sekitar tempat memasang baterai. Setelah itu temukan lingkaran atau kotak kecil berwarna putih. Kemudian cek, apakah lingkaran atau kotak kecil tersebut bukan berwarna putih tetapi justru merah atau pink, maka dapat dipastikan telah terjadi kerusakan pada ponsel akibat merembesnya air.
  3. Amankan kartu SIM dan memori eksternal. Terkadang, data-data yang ada dalam kartu SIM dan memori lebih penting daridapa ponselnya itu sendiri. Meskipun kedua komponen penting ini tahan air, namun setidaknya anda telah melakukan pencegahan dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti korosi pada bagian yang terbuat dari bahan metal dan sebagainya. Untuk itu segeralah ambil kartu SIM dan memori anda dari dalam ponsel, lalu jangan dimasukkan kembali sebelum ponsel benar-benar kering.
  4. Terus usaha mengeringkan ponsel, dengan alternatif penyedot debu. Pakailah vacuum cleaner untuk menyerap air di bagian-bagian kecil pada ponsel anda. Lakukan pemakaian selama kurang lebih 20 menit. Pastikan anda tidak menggunakan pengering rambut (hair dryer) karena akan membuat air tidak terserap tetapi malah mendorong air ke dalam sela-sela komponen.
  5. Alternatif menyerap air lainnya bisa menggunakan beras. Apabila masih kurang cukup dengan cara-cara sebelumnya atau tidak memiliki alatnya, maka anda dapat menggunakan alternatif berupa tumpukan beras. Siapkan wadah khusus lalu isikan beras, kemudian masukkan ponsel anda. Tunggu hingga semalaman atau lebih lama, usahakan setiap beberapa jam sekali anda membalikkan posisi ponsel agar air yang terperangkap dapat mengalir ke luar lewat bagian bawah.
  6. Coba nyalakan ponsel anda. Setelah berupaya selama lebih dari 24 jam menunggu air hilang dari dalam ponsel, maka anda dapat mengaktifkan ponsel. Namun sebelumnya, anda pastikan terlebih dahulu bahwa setiap komponen betul-betul kering. Setelah itu anda dapat memasang baterai lalu menyalakan ponsel, kemudian lihat bagaimana kondisi ponsel anda apakah normal atau tidak. Namun jika ponsel anda sudah kering dan tidak dapat dinyalakan, maka coba untuk memakai charger terlebih dahulu. Apabila masih tidak mau menyala, kemungkinan yang terjadi adalah baterai anda rusak atau harus diganti. Masih tidak menyala juga? Coba bawa ponsel anda ke service center terpercaya di lokasi terdekat.
Nah, itulah beberapa hal yang dapat anda terapkan untuk mengatasi ponsel yang terendam dalam air. Lakukan secara hati-hati dalam menerapkan setiap langkah, lalu coba untuk selalu teliti. Terpenting adalah anda jangan lagi ceroboh dalam mempergunakan ponsel kesayangan karena justru akan berakibat fatal.

Cara Mengatasi Handphone Terendam dalam Air

Demikianlah yang dapat penulis sampaikan kepada anda para pembaca setia situs ini. Semoga cara memperbaiki hp terendam air ini dapat memberikan solusi bagi anda. Baca juga artikel bermanfaat mengenai jaringan komputer. Sekian dan selamat mencoba.

1 komentar: