Pengertian dan Fungsi Hard Disk Komputer

Pengertian dan Fungsi Hard Disk Komputer - Keberadaan perangkat komputer ataupun laptop dan perangkat lain yang sejenis tentu saja tak akan berarti apabila tidak adanya perangkat yang bernama Hard Disk. Hal ini tidak lain karena peran vital yang diusungnya. Seringkali menjadi pusat penyimpanan data dan informasi untuk sebuah perangkat berbasis komputer/laptop, perangkat Hard Disk tentu saja sudah menjadi perangkat yang harus diperlihara bagaimanapun keadaannya. Jika tidak, biasanya kinerja daripada perangkat komputer/laptop kita akan mengalami proses lamban atau yang sering disebut lemot.

Harddisk Komputer

Dengan demikian, pengguna seharusnya mengenal lebih jauh lagi mengenai perangkat Hard Disk. Mulai dari pengertian, fungsi, atau bahkan bagian-bagiannya. Nah, apabila Anda memang ingin mengetahui seluk beluk perangkat harddisk, berikut kami suguhkan informasi pengertian dan fungsi hard disk komputer.

Pengertian Hard Disk Komputer

Hard Disk adalah perangkat keras komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi media penyimpanan data. Data-data yang telah disimpan di dalam perangkat harddisk tidak akan hilang. Bahkan apabila pengguna mematikan perangkat komputer/laptop. Dengan kata lain, harddisk memiliki peran sebagai media penyimpanan yang bersifat permanen (data-data tidak akan hilang atau terhapus). Kapasitas daya tampung daripada harddisk itu sendiri juga terbilang cukup besar. Dimana kalkulasi yang dipakai adalah dalam ukuran Byte (B).

Fungsi Hard Disk Komputer

Fungsi perangkat harddisk secara umum adalah untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer/laptop. Di dalamnya, terdapat sebuah ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Dimana di situlah setiap data dan informasi disimpan olehnya. Selain memiliki ruang utama, harddisk juga mempunyai komponen-komponen bagian. Adalah semacam ruang kecil yang terdiri atas direktori, folder, subdirektori, serta subfolder, yang digunakan untuk peletakan data dan informasi dari ruang utama harddisk.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai pengertian dan fungsi hard disk komputer. Semoga dapat menginspirasi Anda untuk lebih jauh lagi mengenal perangkat vital tersebut. Dimana kebiasaan memelihara dan menjaga kesinergisan harddisk sangat kami sarankan. Terima kasih sudah membaca artikel kami kali ini, Anda juga dapat membaca artikel kami lainnya mengenai Printer.

8 komentar:

  1. Ini geren banget! baguss. Aku mau nanya soft disknya ada?

    BalasHapus
  2. maunya di masukin juga peng dan fungsi processor ,ram , power suply ,fan dan dvd rom gan

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak, sebagian artikel anda saya copy untuk tugas anak saya

    BalasHapus
  4. Apa yg membuat hardisk rusak?

    BalasHapus