Sejarah Perkembangan Computer Hingga Sekarang

Sejarah Perkembangan Computer Hingga Sekarang - Siapapun pasti mengenal dan membutuhkan Komputer. Hampir semua kalangan membutuhkan Komputer dalam kehidupan sehari-hari. Komputer merupakan sebuah benda elektronik yang memiliki multifungsi sehingga tidak heran jika semua hal bisa anda lakukan dengan Komputer. Bisa dikatakan semua hal yang ada di dunia ini ada di Komputer. Hal ini tentu bukan sekedar omong kosong belaka, tetapi sebuah realita yang harus anda syukuri karena dengan adanya Komputer anda bisa melakukan semua kegiatan dengan lancar. Namun, bagaimanakah sejarah perkembangan computer hingga bisa menjadi suatu benda yang sangat penting? Untuk mendapatkan jawabannya, anda bisa memulai dari awal mula terciptanya Komputer.

Sejarah Perkembangan Computer Hingga Sekarang


Pada awalnya, Komputer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghitung dan orang pertama yang merancang Komputer elektronik yaitu John Atanasoff yang berasal dari Amerika Serikat di tahun 1942. Dari sinilah sejarah perkembangan computer dimulai hingga menjadi suatu benda yang sangat canggih dan digunakan hingga saat ini. untuk mengetahui lebih jauh mengenai perkembangan Komputer, berikut ini 5 generasi terciptanya komputer hingga meNjadi seperti saat ini.

Komputer generasi pertama tahun 1946-1959
Pada generasi ini, bentuk serta kemampuan komputer masih sangat rendah sehingga fungsi komputer belum terlalu bagus untuk bisa dimanfaatkan oleh banyak orang.

Komputer generasi kedua tahun 1959-1965
Bentuk fisik komputer jauh lebih baik di generasi ini dengan komponen transistor yang lebih unggul dibanding tabung hampa.

Komputer generasi ketiga 1965-1970
Pada generasi ini, rangkaian terpadu atau IC (Integrated Circuits) tercipta untuk menggantikan peran transistor. IC membuat kemampuan komputerjauh lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Komputer generasi keempat 1970-
Kemampuan IC ditingkatkan menjadi jauh lebih bagus dibanding generasi sebelumnya atau biasa disebut dengan VLSI yang memiliki ukuran lbeihkecil.

Komputer generasi kelima
Generasi inilah dimana sejarah perkembangan computer canggih tercipta hingga seperti saat ini. Pada generasi ini, komputer jauh lebih baik dibandinggenerasi sebelumnya. Komputer dirancang untuk memiliki kepandaianbuatan hingga terus berkembang sampai sekarang.

1 komentar:

  1. ternyata sejarah perkembangan komputer seperti ini ya..baru tau ane, thanks sob sudah berbagi artikel yang sangat bermanfaat, trus update yach..salam kenal..

    BalasHapus